Upacara Peringatan Hari Kartini SMA SINT LOUIS 2024

(Susan Helmy Windu Tanawa, S.Pd)

 

Video: https://youtube.com/shorts/9b00IEeG0uE?si=vSxnnpLqsNHwPey7

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat limpahan rahmat, taufik, dan hidayah dan KasihNya, kita dapat berkumpul di sini dalam rangka Peringatan Hari Kartini tahun 2024.

Peringatan Hari Kartini mengenang sosok Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat (RA Kartini). Peringatan Hari Kartini diambil dari tanggal kelahiran RA Kartini pada 21 April 1879 silam. RA Kartini dilahirkan dari kalangan bangsawan sebagai putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat selaku bupati Jepara masa itu, dengan sang istri, M. A. Ngasirah.

Foto: dokumentasi Upacara Peringatan Hari Kartini SMA Sint Louis

Kartini merupakan salah satu orang yang berjasa dalam bangsa kita, tujuan beliau berjuang agar kaum wanita mendapat hak pendidikan yang setara dengan kaum pria di masa tersebut.

Hal ini beliau lakukan karena hasil pemikiran beliau dan dari pengalaman yang diterimanya, karena masa itu kaum wanita sulit berkegiatan yang dilakukan di luar rumah, termasuk mengenyam pendidikan sehingga derajat wanita menjadi lebih rendah dari laki-laki.

Awal mulanya Kartini ditentang ayahnya ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi saat umur 12 tahun karena menurut ayah beliau hal tersebut sangat menentang aturan saat itu.  Namun, ibu Kartini terus berjuang dengan keinginannya belajar agar setiap wanita memiliki hak yang sama seperti kaum pria, yaitu memperoleh pendidikan yang layak.Beliau meyakini bahwa setiap wanita menanggung tugas besar dalam kehidupan, Karena wanita akan menjadi pendidik pertama bagi anak-anaknya nanti.

Dari pendidikan pertama itu, anak-anak kemudian akan menjadi penentu arah kemana negara akan berkembang, Oleh sebab itu, peradaban sebuah bangsa bergantung kepada seorang ibu. Perjuangan Kartini tidak mudah karena pemikirannya tersebut bertolak belakang dengan hal yang tidak umum pada masa itu.

Anak-anakku yang sangat saya banggakan serta bapak ibu guru dan karyawan, percayalah jika setiap kerja keras kita akan membuahkan hasil yang manis seperti halnya perjuangan ibu Kartini yang berhasil mengantarkan kaum wanita mengenyam pendidikan setinggi mungkin.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik,  marilah kita lanjutkan perjuangan ibu Kartini, terkhusus untuk anak-anakku para wanita, dengan cara mengejar cita-cita setinggi mungkin dan jangan sampai Anda sia-siakan perjuangannya, dengan cara belajar yang sungguh-sungguh. Sekarang tugas kalian kartini-kartini moderen mau di kembangkan talenta kalian dengan baik atau jalan ditempat terpuruk dalam keadaan.

Jangan lupa imbangi ilmu yang kalian dapat dengan adab watak dan budi pekerti yang baik serta yang paling penting utamakan adab sebelum ilmu saat anda menjalani hidup. Karena Ilmu pengetahuan dan intelektualitas akan membawa keburukan apabila tidak di imbangi dengan adab yang lebih tinggi dari ilmu .

Sekian amanat yang bisa saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya. Semoga amanat ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi kaum hawa selagi masih ada waktu. Semoga pula, kita para pria agar menjadi pihak yang dapat memuliakan perempuan.  Akhir kata marilah menjadi kartini modern yang cerdas, humanis dan kreatif. Nilai-nilai yang dihidupi oleh kita warga SMA Sint Louis.

Buah nangka buah leci, kalau bukan kita, siapa lagi.

Salam Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *