Sekolah Nggak Penting? Nanti dulu..

Oleh : Antonius Tumpak Wahyu Widodo

 

Saat ini banyak sekali argument, pendapat, gagasan, quotes, meme, serta kawan-kawannya yang mengatakan bahwa sekolah itu nggak penting, sekolah nggak sepenting dulu, banyak orang sukses tanpa harus sekolah, dan lucunya banyak generasi muda mulai usia remaja awal bahkan sampai dewasa awal yang menyetujui hal itu, sepakat dengan hal itu, dan akhirnya berbondong-bondong menyuarakan kebencian nya dengan “sistem sekolah” di negeri ini. Mereka beramai-ramai mengkritik sistem pendidikan dan sekolah tanpa memberi solusi nyata.

“Banyak orang yang sukses tanpa sekolah?” pertanyaan yang sebenarnya adalah seberapa banyak ? bila dibandingkan jumlah total penduduk Indonesia yang sukses tanpa sekolah dengan yang bersekolah itu perbandingan nya berapa persen ? Mana mau anak-anak remaja dan dewasa awal berpikir sejauh itu, mereka hanya mengambil kulit luarnya saja “ Sekolah tidak menjamin sukses” titik cukup sampai disitu dan enggan melihat dari sudut pandang lain. Fenomena ini sebenarnya sudah menjawab pentingkah sekolah ?

Banyak meme, quotes, kata-kata motivasi “palsu” yang sebenarnya menyesatkan atau menjerumuskan generasi-generasi muda sekarang mulai dari motivasi cinta sampai motivasi kehidupan dan agama. Mungkin sekolah akan dianggap “penting” saat ada mata pelajaran mengupas motivasi sampai tuntas biar generasi-generasi kita tidak salah menafsirkan maksud dan tujuan motivasi, meme, ataupun quotes yang sekarang terasa lebih suci dan di yakini ketimbang ayat suci dari kitab suci.

Intinya ialah, sekolah memang tidak penting, bagi individu yang mempunyai semangat juang tinggi, tidak gampang putus asa, tidak gampang mengeluh menjalani hidup, mempunyai kreatifitas dan inovasi di atas rata-rata, mempunyai integritas hidup dan konsep diri yang kuat dan positif, mau belajar dari pengalaman dan lingkungan sekitar, serta sadar akan hakekat manusia hidup yang sebenarnya. Tapi, apakah semua semua individu itu seperti itu ? apakah kalian yang merasa sekolah tidak penting mampu menjadi individu seperti itu ?   Mari kita renungkan.

doc Ekstra batik SMA Sint Louis

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *